Mak Ganjar Mengajari Ibu-Ibu di Wonosobo Cara Membuat Manisan Carica

Mak Ganjar Mengajari Ibu-Ibu di Wonosobo Cara Membuat Manisan Carica
Mak Ganjar mengajarkan ibu-ibu di Wonosobo cara membuat manisa carica. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, WONOSOBO - Sukarelawan Mak Ganjar mendorong ibu-ibu di beberapa daerah untuk menopang ekonomi keluarga dengan menggelar pelatihan yang bermanfaat.

Kali ini, pendukung Ganjar Pranowo itu berkolaborasi dengan komunitas pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengadakan pelatihan pembuatan manisan carica di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng), pada Jumat (25/8).

"Kami Mak Ganjar Jateng mengadakan kolaborasi dengan pengusaha setempat di Kabupaten Wonosobo untuk melakukan pelatihan membuat manisan carica," ujar Korwil Mak Ganjar Jateng Pancawati dalam siaran persnya, Jumat.

Pancawati mengatakan para peserta diajari cara membuat manisan carica hingga pembuatan packaging dan pemasarannya.

Menurut dia, Mak Ganjar melihat potensi sumber daya alam Kabupaten Wonosobo, khususnya kawasan Dieng, yang menghasilkan buah carica untuk dijadikan produk manisan.

"Kami memilih pelatihan pembuatan carica karena buah ini hanya ada dan bisa tumbuh di Kabupaten Wonosobo, khususnya di daerah Dieng," katanya.

Pancawati menjelaskan pelatihan pembuatan manisan carica tersebut dilakukan untuk memberdayakan ibu-ibu di wilayah tersebut.

Perempuan berusia 57 tahun itu berharap setelah adanya pelatihan tersebut, muncul pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) baru yang tertarik berbisnis manisan carica yang potensial.

Sukarelawan Mak Ganjar mengajarkan ibu-ibu di Wonosobo cara membuat manisan carica.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News