Mak Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Jamu Tradisional di Pekanbaru

Mak Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Jamu Tradisional di Pekanbaru
Pelatihan pembuatan jamu tradisional yang diadakan Mak Ganjar di Pekanbaru. Dok: sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, PEKANBARU - Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang memiliki beragam jenis keanekaragaman hayati. Tingginya tingkat keanekaragaman hayati menjadikannya memiliki bermacam jenis tumbuhan obat.

Sukarelawan Mak Ganjar pun memanfaat hal itu dengan mengadakan pelatihan pembuatan jamu tradisional yang punya nilai ekonomi dan menyehatkan.

"Banyak manfaatnya ya, untuk konsumsi tubuh, kesehatan badan, apalagi ini ditujukkan untuk mak-mak ya, pokoknya kami pelajari semua jenisnya," ujar Koordinator Wilayah Mak Ganjar Pekanbaru, Anita dalam siaran persnya.

Selain untuk konsumsi pribadi dalam menunjang kesehatan tubuh, lanjut Anita, Mak Ganjar Riau membuka peluang bagi para mak-mak yang tarik membuka peluang usaha bagi sektor jamu tersebut.

Hal tersebut dilakukan guna mendorong kesejahteraan pada level ekonomi keluarga yang dinilai Anita kondisinya masih cukup mengkhawatirkan.

"Kami upayakan selain konsumsi pribadi, ini bisa dijadikan potensi para emak-emak supaya biasa berjuala online, menjadi mandiri dan membantu perekonomian keluarga," kata Anita.

Senada dengan Anita, mentor dalam pelatihan pembuatan jamu tradisional tersebut, Megawati mengatakan berbagai macam jenis jamu yang bisa diolah dan dimafaatkan dalam menunjang kondisi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Namun, dalam pelatihan kali ini Mak Ganjar memfokuskan pada kandungan jamu yang memiliki manfaat dalam membuat racun tubuh, terutama pada pembersihan rahim yang dinilai selama ini banyak dialami sebagai persoalan utama yang sering menghantui perempuan.

Sukarelawan Mak Ganjar Riau mengadakan pelatihan pembuatan jamu tradisional bersama ibu-ibu yang ada di Pekanbaru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News