Mak Ganjar Gelar Penyuluhan Pertanian Pupuk Organik Cair di Lampung Timur

Mak Ganjar Gelar Penyuluhan Pertanian Pupuk Organik Cair di Lampung Timur
Penyuluhan pertanian yang diadakan Mak Ganjar di Lampung Timur. Dok: sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, LAMPUNG TIMUR - Sukarelawan Mak Ganjar menggelar penyuluhan pertanian pupuk organik cair di Desa Sidorejo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, Lampung.

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Lampung Noor Nadhia Chrismaryantie mengatakan itu dihadiri ratusan petani dari kelompok tani (poktan) di tiga kecamatan dan tokoh masyarakat setempat.

Mak Ganjar Lampung memperkenalkan pupuk organik cair buatan Indonesia yang diproses menggunakan teknologi Jepang. Di sisi lain, mereka juga mendemonstrasikan cara penggunaan dari pupuk cair tersebut.

"Mak-mak harus sadar bahwa lingkungan kami harus dilestarikan di tengah maraknya kurang pupuk dan lain sebagainya. Di Lampung Timur ini potensinya sangat besar terlebih lagi di sini ada bermacam sayuran bermacam palawija kemudian kami sekarang sedang mencoba yaitu alpukat," kata dia dalam siaran persnya, Senin (28/8).

Nadhia mengungkapkan pupuk organik cair merupakan salah satu alternatif murah dan ramah lingkungan untuk meningkatkan kesuburan tanah dan pertumbuhan tanaman.

Dengan begitu, Mak Ganjar bisa mendorong produktivitas para petani supaya mampu bertahan di tengah berkurangnya pupuk bersubsidi.

"Kami harus mandiri dan solutif tidak hanya berpangku tangan tapi kami harus berupaya karena tanggung jawab lingkungan itu bukan hanya kepada pemerintah tetapi juga kepada masyarakat," pungkas dia.

Salah seorang petani singkong dan jagung asal Desa Bauh Gunung Sari, Ni Wayan Nuryanti (39) merasa penyuluhan pertanian pupuk organik cair ini memang dibutuhkan oleh para petani di Kabupaten Lampung Timur.

Sukarelawan Mak Ganjar mengadakan penyuluhan pertanian pupuk organik cair di Lampung Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News