Mak Ganjar Jatim Harapkan Produksi Pupuk Organik Makin Menggeliat

Mak Ganjar Jatim Harapkan Produksi Pupuk Organik Makin Menggeliat
Pelatihan pembuatan pupuk organik digelar Mak Ganjar bersama ibu-ibu di Kediri. Dok: sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, KEDIRI - Sukarelawan Mak Ganjar menginisiasi penyuluhan pertanian bertajuk "pembuatan pupuk organik" kepada masyarakat.

Melalui kegiatan itu, Mak Ganjar berharap para petani bisa mulai mencoba membuatnya sendiri di rumah serta menjadi ladang bisnis yang menguntungkan.

Mak Ganjar diketahui telah melaksanakan penyuluhan pertanian di Dusun Genang, Desa Maron, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Rabu (22/11).

Mayoritas warga Desa Maron memang bekerja sebagai petani. Adapun komoditas pertanian yang ditanam beragam, mulai dari jagung, padi, alpukat, dan lain sebagainya.

"Sebenernya untuk acara ini selain mereka untuk konsumsi sendiri ya, mereka saya harap bisa terus menjadi pengetahuan baru dan bisa menjadi bisnis baru untuk mereka dan terus diproduksi," kata Koordinator Wilayah Mak Ganjar Jawa Timur, Hariza Farwa dalam siaran persnya.

Mak Ganjar menghadirkan pemateri penyuluh pertanian, Hariyanto yang memang ahli di bidang pupuk organik.

Pemakaian pupuk organik, lanjut Hariza, tak hanya bermanfaat dalam menekan biaya produksi, tetapi juga berdampak pada meningkatnya produksi dan memperbaiki lingkungan.

Dia berharap Mak Ganjar bisa mendorong tumbuhnya industri kecil berskala rumah tangga untuk memproduksi pupuk organik dengan bahan tergolong murah dan hasilnya bisa diperjualbelikan.

Sukarelawan Mak Ganjar mengadakan pelatihan pembuatan pupuk organik bersama warga di Kediri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News