Makam Cemoro Kembar Solo Dirusak, Pelakunya Enggak Disangka

Makam Cemoro Kembar Solo Dirusak, Pelakunya Enggak Disangka
Seorang warga saat melakukan perbaikan nisan yang dirusak oleh sejumlah anak-anak siswa lembaga pendidikan di dekat Makam Umum Cemoro Kembar Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (21/6). Foto: ANTARA/Bambang Dwi Marwoto

jpnn.com, SOLO - Makam di TPU Cemoro Kembar di Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, Jawa Tengah, dirusak.

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjutak mengatakan tim penyidik masih memproses kejadian itu.

Tim penyidik sedang bekerja dalam penyelidikan dan penyidikan supaya jelas duduk perkaranya dan fakta hukum yang terjadi dari kasus perusakan tersebut.

"Kami memeriksa sejumlah saksi korban dan pengasuh sebuah lembaga pendidikan yang ada. Kami juga bertemu dengan tokoh masyarakat setempat Ketua RT dan Lurah Mojo telah sepakat sama-sama meredam warga agar tidak terprovokasi dan tetap tenang menunggu proses hukum yang sedang berjalan," kata Ade Safri usai rapat koordinasi dengan Pemkot dan Korem 074 Wara, di Balaikota Surakarta, Selasa (22/6).

Ade Safri mengatakan pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama di sekitar lokasi.

Semua sepakat pada Rabu (23/6), sekitar pukul 08.00 WIB, akan dilakukan survei bersama perbaikan di makam atau nisan yang dirusak beberapa waktu lalu.

"Kami sepakat bersama semua elemen masyarakat melakukan perbaikan nisan-nisan yang dirusak. Toleransi harus hidup dan ditegakkan di Kota Surakarta dan tidak ada tindakan-tindakan intoleran yang dilakukan di Kota Solo ini," kata kapolres.

Pihaknya bersama-sama unsur TNI baik Kodim 0735 Surakarta maupun Korem 074 Warastrama dan pemerintah daerah setempat untuk bisa menyikapi dengan cepat dan baik.

Polisi masih memproses kasus perusakan makam di TPU Cemoro Kembar, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News