Makan Malam Telat Bisa Menaikkan Kadar Gula Darah Lho

Makan Malam Telat Bisa Menaikkan Kadar Gula Darah Lho
Ilustrasi kenaikan gula darah.

jpnn.com, JAKARTA - MEMILIKI aktivitas padat terkadang membuat kita menerapkan kebiasaan buruk, salah satunya telat makan.

Banyak orang yang kini sering telat makan siang atau sarapan dengan berbagai masalah kesehatan akibat kebiasaan tersebut.

Namun tahukah Anda, telat makan malam juga bisa mengakibatkan beberapa masalah untuk kesehatan tubuh?

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Jurnal Endokrinologi & Metabolisme Klinis Masyarakat Endokrin mengungkapkan, makan malam yang terlambat dikaitkan dengan kenaikan berat badan dan kadar gula darah yang tinggi.

" Kami menyadari penelitian lain yang menyarankan makan malam dikaitkan dengan obesitas, dan karena hubungan tidak sama dengan penyebab, kami ingin melihat ini dengan cara yang lebih ketat," kata penulis penelitian Dr. Jonathan C. Jun, rekan profesor kedokteran di Universitas Johns Hopkins.

Jun menjelaskan tim peneliti ingin memahami apakah terlambat makan benar-benar mengubah metabolisme dengan cara yang mendorong obesitas.

"Jadi itu sebabnya kami melakukan uji klinis terkontrol secara acak ini," jelas Jun.

" Kemudian melakukan tes pada orang sehat dan membuat mereka makan di dua waktu yang berbeda, mengontrol makanan mereka, mengontrol diet mereka, dan mengontrol waktu tidur mereka juga," katanya.

Makan malam telat dikaitkan dengan kenaikan berat badan dan kadar gula darah tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News