Makan Siang di Kantor Bikin Produktif

Makan Siang di Kantor Bikin Produktif
Makan Siang di Kantor Bikin Produktif

jpnn.com - Bagi pekerja kantoran, duduk terlalu lama atau bekerja di depan komputer selama seharian, sudah dipastikan dapat menurunkan stamina dan daya tahan, sehingga dapat memberi dampak negatif terhadap produktivitas mereka dari waktu ke waktu. Tapi sebuah studi menemukan hal ini dapat ditanggulangi dengan makan siang di meja kerja.

Menurut peneliti, individu yang makan siang di meja kerjanya justru lebih produktif di sore hari, saat-saat dimana stamina dan produktivitas mulai menurun, dibandingkan individu lain yang makan siang di luaran.

Sebab pekerja kantoran yang menghabiskan waktu minimal sejam untuk makan siang di restoran dengan teman-temannya, jadi kurang fokus saat kembali menghadap pekerjaan dan mudah ngantuk atau malas-malasan.

Peneliti melaporkan pekerja kantoran yang makan siang di luar mengalami penurunan fungsi otak, membuatnya sulit mengerjakan tugas yang mendetail, termasuk menemukan sejumlah kesalahan yang ada di dalamnya. Sedangkan kondisi mental pekerja kantoran yang makan siang di meja kerjanya malah semakin tajam.

Kesimpulan ini diperoleh setelah mengamati dua kelompok partisipan, yang pertama makan sendirian di meja kerjanya dengan waktu makan yang dibatasi. Sedangkan kelompok kedua makan siang di restoran selama satu jam bersama seorang teman. Peneliti menemukan, dibandingkan makanan kantor yang itu-itu saja, makanan restoran terbukti memberikan efek yang lebih merileksakan.(fny/jpnn)


Bagi pekerja kantoran, duduk terlalu lama atau bekerja di depan komputer selama seharian, sudah dipastikan dapat menurunkan stamina dan daya tahan,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News