JPNN.com

Makanan Berserat Bisa Mencegah Penurunan Fungsi Otak?

Kamis, 20 September 2018 – 21:59 WIB Makanan Berserat Bisa Mencegah Penurunan Fungsi Otak? - JPNN.com

jpnn.com - Memiliki daya ingat dan kemampuan berpikir yang mumpuni hingga tua merupakan dambaan setiap orang.

Untuk menyokong ini, banyak orang mengandalkan konsumsi asam lemak omega-3 demi menjaga kesehatan otak. 

Namun, tahukah Anda untuk mencegah penurunan fungsi otak, Anda juga bisa mengonsumsi serat.

Serat diketahui berperan besar dalam memelihara kesehatan pencernaan. Tak banyak yang tahu, serat juga baik untuk kesehatan otak. Dalam jurnal “Frontiers in Immunology” yang dilansir dari Medical News Today, serat merupakan kunci utama bila Anda ingin melakukan diet sehat. 

Serat akan membantu menunda penuaan otak dengan memicu produksi asam lemak rantai pendek (short-chain fatty acid) yang bersifat antiinflamasi.

Stephanie M. Matt, penulis makalah dalam jurnal tersebut mengungkap, seiring bertambahnya usia, salah satu jenis utama sel kekebalan otak—yakni mikroglia—cenderung hiperaktif dan meradang secara kronis. Hal inilah yang menyebabkan terjadi penurunan kognitif di usia senja.

Sebelumnya, ada pula penelitian yang menunjukkan bahwa asam lemak rantai pendek yang diproduksi oleh usus besar - saat bakteri memfermentasi serat di usus - mampu meningkatkan daya ingat dan mengurangi peradangan otak pada hewan percobaan.

Meski begitu, Stephanie masih ingin meneliti lebih jauh lagi apakah dengan menambah jumlah serat dalam porsi makan hasilnya akan sama dengan minum obat khusus otak. Untuk itulah, dirinya dan peneliti lainnya mencoba memberikan makanan yang tinggi serat pada hewan percobaan untuk diukur kadar butirat dan tingkat substansi proinflamasi di usus mereka. 

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...