Rabu, 19 September 2018 – 10:03 WIB

Makanan dan Minuman Ini Bisa Sebabkan Perut Kembung

Selasa, 09 Januari 2018 – 04:31 WIB
Makanan dan Minuman Ini Bisa Sebabkan Perut Kembung - JPNN.COM

Berat Badan. Foto IST

jpnn.com - Perut kembung merupakan suatu tekanan berlebih dari dalam perut. Penyebabnya beragam, seperti merokok, makan terlalu cepat, atau karena akibat mengonsumsi makanan tertentu.

Kondisi perut yang kembung disebabkan oleh terlalu banyak gas dalam saluran cerna. Asupan garam berlebih juga berkontribusi menyebabkan perut kembung, karena mengakibatkan cairan menumpuk atau tertahan, sehigga perut menjadi kembung.

Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami perut kembung, bisa jadi makanan dan minuman di bawah ini adalah penyebabnya:

1. Permen karet bebas gula.

Menurut Ashvini Mashru, R.D., penulis buku Small Steps to Slim, ada dua alasan mengapa permen karet bebas gula bisa menyebabkan sakit perut dan perut kembung.

“Pertama, Anda menelan banyak udara ketika mengunyah permen karet. Kedua—yang merupakan alasan yang paling penting—adalah adanya kandungan gula alkohol, yang merupakan bentuk dari karbohidrat yang sulit dicerna. Gula alkohol merupakan penyebab utama sakit perut, khususnya ketika dikonsumsi dalam jumlah tinggi,” Ashvini menjelaskan, seperti dikutip di laman Women’s Health.

Ketika berada di saluran pencernaan, gula alkohol akan difermentasi oleh bakteri, lalu melepas gas yang menyebabkan perut kembung, kram, nyeri, bahkan diare. Untuk menghindari perut kembung akibat permen karet jenis ini, baca kemasan dan hindari bahan-bahan yang berakhiran “-ol”, seperti xylitol, manitol, sorbitol, maltitol, dan erythritol.

2. Kopi hitam.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar