Makanan Pengganti Kafein Untuk Tingkatkan Energi

Makanan Pengganti Kafein Untuk Tingkatkan Energi
FOTO: JPNN.com

jpnn.com - Tanpa disadari ternyata banyak orang kecanduan kopi sejak remaja. Kafein memang memiliki manfaat untuk buat tubuh terjaga karena kafein membangkitkan hormon adrenal sehingga membuat Anda menjadi lebih semangat dan merasa awas.

Tapi mengonsumsi kopi berlebihan juga tak baik buat kesehatan, karena itulah ada beberapa makanan pengganti kafein.

Konsumsi kafein berlebihan tentu sangat tidak dianjurkan. Apalagi kalau diri kita sudah sampai tahap kecanduan. Kecanduan kafein bisa mengakibatkan Anda memiliki waktu istirahat yang kurang dan bisa mengganggu proses perbaikan sel tubuh.

Berikut makanan dan minuman yang bisa menggantikan kafein di dalam tubuh seperti dilansir laman Glamour, Senin (14/9).
 

1.    Air
Minum kopi dipagi hari memang bisa memberi Anda sentakan energi untuk menjaga mata Anda terbuka selama beberapa jam. Tapi kopi juga bisa membuat tubuh Anda dehidrasi dan dehidrasi menyebabkan kelelahan. Untuk itulah, minum air putih terutama di pagi hari membuat Anda lebih terjaga dan waspada. Cobalah minum satu cangkir air putih penuh dengan irisan lemon.

2.    Chia Seeds
Chia Seeds mengandung protein dan serat dan mengonsumsi biji chia mampu meningkatkan energi dan daya tahan.

3.    Cacao
Kakao memiliki sifat energi yang luar biasa. Coba tambahkan 1 sdt dari biji kakao untuk Smoothie pagi atau yogurt.

4.    Lemak
Percaya atau tidak, sedikit lemak sehat bisa membuat Anda berenergi. Apakah Anda pernah makan salad untuk makan siang dan merasa lapar dan lelah setelah mengonsumsinya?

Tanpa disadari ternyata banyak orang kecanduan kopi sejak remaja. Kafein memang memiliki manfaat untuk buat tubuh terjaga karena kafein membangkitkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News