Makanan Untuk Usus Sehat

Makanan Untuk Usus Sehat
ILUSTRASI. FOTO: Laman Coloncancer

jpnn.com - Usus besar adalah salah satu bagian penting di dalam tubuh. Usus besar yang sehat menjadi dasar kesehatan tubuh secara keseluruhan. Usus adalah saluran utama dalam sistem pencernaan tubuh kita. Kesehatan usus besar sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Untuk itu sangat penting bagi kita memilih makanan sehat yang dapat membantu proses pencernaan.

Banyak orang mengatakan penyakit dimulai di usus besar. Dalam usus besar, air diperas keluar dan diserap dari sisa makanan, meninggalkan campuran serat dan bakteri. Jika waktu transit usus terlalu lambat, bakteri dan jamur akan berkembang biak dan racun diserap.

Berikut daftar makanan yang baik untuk usus besar, seperti dilansir laman coloncancer, Kamis (5/11).

1. Probiotik

Organisme hidup yang terdapat dalam probiotik membantu memecah dan menghapus limbah dari tubuh Anda. Mereka juga menjaga bakteri jahat merusak tubuh. Probiotik sebaiknya dikonsumsi jika Anda mengalami kesulitan pencernaan, seperti diare atau kembung.

Makanan fermentasi, seperti yoghurt atau kefir bisa membantu memberikan dorongan bakteri baik yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan sistem tubuh Anda.

2. Sayuran berdaun gelap

Ada banyak variasi lain sayuran gelap seperti collard hijau, kale dan romaine. Makanan nabati ini memberikan banyak serat yang membantu kerja usus Anda bersama dengan folat dan sejumlah vitamin dan mineral.

Usus besar adalah salah satu bagian penting di dalam tubuh. Usus besar yang sehat menjadi dasar kesehatan tubuh secara keseluruhan. Usus adalah saluran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News