Makbul Pangku Jabatan Kapolri

Makbul Pangku Jabatan Kapolri
Makbul Pangku Jabatan Kapolri
JAKARTA - Komjen Pol Bambang Hendarso Danuri tak otomatis memegang tongkat Kapolri meski sudah dilantik di Istana Negara pada 30 September. Sebab, serah terima jabatan dari Kapolri Jenderal Pol Sutanto kepada Bambang baru dilakukan 9 Oktober di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Dalam rentang sembilan hari itu, korps baju cokelat akan dikendalikan Wakapolri Komjen Pol Makbul Padmanagara.

"Jadi, tak ada kekosongan pemimpin karena ada Wakapolri. Tapi, apa istilahnya pelaksana tugas Kapolri atau pejabat sementara Kapolri, saya belum tahu," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol R. Abubakar Nataprawira di Mabes Polri, Jumat (26/9). Dalam sembilan hari itu, Makbul tidak akan mengambil kebijakan yang sifatnya strategis. Serah terima jabatan mundur karena ada Lebaran.

Lalu, siapa yang mengadakan open house di rumah dinas Kapolri pada hari Lebaran? "Masih Jenderal Pol Sutanto," jawab Abubakar. Sebenarnya, dalam Lebaran yang jatuh pada 1 Oktober, Sutanto telah berstatus pensiun. Namun, jenderal bintang empat itu memang belum berkemas karena mepetnya waktu dengan Lebaran.

Kepastian pergantian Sutanto memang mendadak pada 10 September lalu, saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkirim surat ke DPR dan mengajukan nama Bambang sebagai calon Kapolri.

JAKARTA - Komjen Pol Bambang Hendarso Danuri tak otomatis memegang tongkat Kapolri meski sudah dilantik di Istana Negara pada 30 September. Sebab,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News