Makin Ngeri, KKB Tembak Pesawat pada Jumat Pagi

Makin Ngeri, KKB Tembak Pesawat pada Jumat Pagi
Mess PT MTTdi Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua yang dibakar KKB, Jumat (22/4/2022). (ANTARA/Dokumen Pribadi)

jpnn.com, JAYAPURA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menembaki pesawat kargo milik Asian One beberapa saat lalu.

Pesawat kargo tersebut ditembak KKB pada Jumat (13/5) sekitar pukul 10.00 WIT saat hendak mendarat di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Kantor Berita Antara melaporkan, Kepala Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) Aminggaru Ilaga, Herman Sujito mengakui memang telah terjadi insiden KKB tembak pesawat yang hendak mendarat.

Selama Januari-Maret 2022, KKB tercatat telah melakukan tujuh aksi kekerasan hingga mengakibatkan 13 orang korban tewas.

Pada Rabu (17/4), prajurit TNI di Pos TK Quari Atas Yonif R 431/SSP Distrik Kenyam berhasil menggagalkan upaya aksi kekerasan dari KKB di Kabupaten Nduga, Papua.

Sebelumnya, pengamat kebijakan publik Jerry Massie meminta Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa untuk serius dalam memberantas aksi KKB di Papua.

"Saya kira harus ada keseriusan dari Panglima TNI Andika Perkasa. Ingat, Papua juga bagian penting dari Indonesia dan mereka juga penyumbang penerimaan domestik bruto (PDB) untuk negara kita," kata Jerry dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menurut Jerry, perlu ada pendekatan dan lobi agar situasi dan kondisi di Papua stabil, aman, dan kondusif.

KKB tembak pesawat: Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua makin ganas, kali ini menembaki pesawat kargo milik Asian One beberapa saat lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News