Makna Nomor Urut 1, 2, 3 dan 4 Buat Paslon Pilkada Jabar

Makna Nomor Urut 1, 2, 3 dan 4 Buat Paslon Pilkada Jabar
Pasangan calon peserta Pilkada Jabar mengambil nomor urut. Foto: Achmad Nugraha/Bandung Ekspres

jpnn.com, BANDUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat telah menyelesaikan salah satu tahapan penting Pilkada Jabar yakni pengambilan nomor urut pasangan calon di Arcamanik, Bandung, Selasa (13/2).

Duet Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum dapat nomor urut satu. Pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan nomor dua. Sudrajat yang berpasangan dengan Ahmad Syaikhu dapat nomor tiga dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi kebagian nomor empat.

Ridwan Kamil mengaku tidak menyangka namun bersyukur karena semua pendukung pun mengharapkan pasangan Rindu mendapat nomor urut satu. Kang Emil mengaku tidak mempunyai ritual khusus untuk mendapat nomor urut tersebut. Namun ketika umrah beberapa waktu lalu dirinya terus berdoa agar mendapat nomor sesuai yang diharapkan.

”Dalam pemilihan antrean malah nomor urut keempat dan tadi posisi pasrah tapi saya bismillah tiga kali pas dibuka Alhamdulillah nomor 1,” katanya.

Menurut Emil, nomor urut satu yang didapat pasangan Rindu dinilai akan lebih mempermudah tim kreatif yang sudah pihaknya siapkan dalam membuat slogan kampanye. Sebab, nomor urut 1 merupakan implementasi dari semangat juara. ”Jadi slogannya juga enak Jabar Juara, juara ke berapa ya juara ke 1,” tegasnya.

Sementara calon gubernur nomor urut dua, TB Hasanuddin mengatakan, merasa bahagia karena mendapat undian nomor dua. Sebab, nomor tersebut sudah dicita-citakannya sejak awal. ”Dua itu bermakna kami berdua yang akan memenangkan Pilgub Jabar," ujar Hasanuddin.

Angka dua, kata Hasanuddin, juga bermakna keseimbangan dalam hidup yang mana semua hal telah memiliki pasangannya masing-masing. ”Keseimbangan, ada siang ada malam, ada gelap ada terang, ada laki-laki ada perempuan,” imbuhnya.

Jika dikaitkan dengan partai pengusung paslon ini, PDI Perjuangan, angka dua juga berarti kemenangan dalam Pemilihan Presiden 2019 mendatang. ”Dua kali Jokowi jadi Presiden,” kata pria yang biasa disapa Kang Hasan itu.

Masing-masing peserta Pilkada Jabar senang dengan nomor urutnya. Ada yang bilang nomor keberuntungan, ada juga yang menyebut dapat nomor keramat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News