Maknyus... Kuliner Nusantara Makin Kondang di Australia

Maknyus... Kuliner Nusantara Makin Kondang di Australia
Nasi goreng. Ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, PERTH - Kuliner khas Indonesia mulai kondang di Australia. Di Perth, cita rasa makanan nusantara semakin digandrungi warga kota di wilayah barat Australia itu.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Perth Ade Padmo mengatakan, banyak warga di Negeri Kanguru itu yang orang sudah familier dengan masakan Indonesia. Menurutnya, gencarnya upaya mempromosikan kuliner nusantara di kalangan warga Australia punya dampak bagus.

“Semua masyarakat Perth banyak mengenal makanan kita. Contoh paling utama adalah, mereka tidak menyebut fried rice lagi, namun kini sudah mengenal dengan memanggil basi goreng,” ujar Ade dalam pembukaan acara Araluen’s Chilli and Avocado Festival di Araluen Botanic Park, Perth, Jumat (10/3) malam.

Tidak hanya nasi goreng, ada pula sate yang dikenal warga Australia. Kementerian Pariwisata memang menggencarkan upaya mempromosikan kuliner Indonesia kepada warga negara lain.

Karenanya, Kemenpar juga berpartisipasi dalam Araluen’s Chilli and Avocado Festival di Araluen Botanic Park yang berlangsung 11-12 Maret 2017. Di acara ini, Kemenpar akan mempromosikan wisata kuliner nusantara untuk menggaet wisatawan mancanegara (wisman) khususnya asal Australia.

Sebelum Araluen’s Chilli and Avocado Festival resmi dimulai, Kemenpar sudah menyajikan tarian khas Betawi Njot-njotan yang dibawakan dengan ciamik oleh Sanggar Blitar Rose Dancer dari Indonesia.

”Semenjak dua tahun terakhir, Kemenpar gencar berpromosi di sini. Terutama soal kuliner, ini membuat mereka rindu Indonesia, karena memang masakan Indonesia sangat nikmat, dan Kemenpar mampu memanfaatkan momentum ini,” ujar Ade.

Namun, Ade juga meminta Kemenpar untuk terus menggenjot promosi Indonesia di bidang lain selain kuliner. Dia menyarankan Kemenpar agar menyentuh para yatcher di Perth.

Kuliner khas Indonesia mulai kondang di Australia. Di Perth, cita rasa makanan nusantara semakin digandrungi warga kota di wilayah barat Australia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News