Malam Apresiasi Swarna, Tari Saman & Jaroe jadi Penampilan Spesial GSMS

Malam Apresiasi Swarna, Tari Saman & Jaroe jadi Penampilan Spesial GSMS
Semarak Warna Budaya Nusantara (Swarna) sebagai malam apresiasi sekaligus pementasan budaya penampilan seni dari siswa/i seluruh Indonesia telah sukses digelar. Foto: dok Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Semarak Warna Budaya Nusantara (Swarna) sebagai malam apresiasi sekaligus pementasan budaya penampilan seni dari siswa/i seluruh Indonesia telah sukses digelar di Monumen Nasional, Jakarta, Sabtu (18/11).

Acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan (PPK), Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI itu diikuti oleh siswa/i yang telah mengikuti pelatihan melalui Gerakan Kesenian Masuk Sekolah (GSMS).

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Kemendikbudristek RI, Irini Dewi Wanti mengatakan GSMS menjadi kesempatan bagi siswa untuk berinteraksi langsung dengan seniman, berlatih, dan tampil di berbagai ajang kesenian.

GSMS yang telah dilaksanakan rutin setiap tahun sejak 2017 yang dimaksudkan sebagai salah satu upaya menjalankan visi Pemajuan Kebudayaan untuk membangun karakter bangsa.

"Tercatat sudah lebih dari 5.700 siswa dari 34 provinsi se-Indonesia dan lebih dari 4.000 seniman yang terlibat dalam GSMS," ujar Irini dalam keterangannya di Jakarta, Senin (20/11).

Menurutnya, sekolah sebagai institusi formal selama ini telah berusaha menjalankan fungsi akademisnya dengan mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara seimbang.

Oleh karena itu, GSMS diharapkan dapat memberikan inspirasi berbagai pihak dalam memajukan dan melestarikan kebudayaan daerah yang bhinneka sebagai ciri identitas dan karakter bangsa Indonesia yang berbudaya

"GSMS diharapkan bisa menjadi sebuah wadah yang memungkinkan para siswa/i merasakan keajaiban seni dan kebudayaan melalui interaksi langsung dengan seniman-seniman berbakat dari berbagai disiplin seni," ungkapnya.

Semarak Warna Budaya Nusantara (Swarna) sebagai malam apresiasi sekaligus pementasan budaya penampilan seni dari siswa/i seluruh Indonesia telah sukses digelar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News