Maluku Jadi Prioritas Program Pemerataan Pendidikan

Maluku Jadi Prioritas Program Pemerataan Pendidikan
Mendikbud, Muhadjir Effendy. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam melakukan pemerataan pendidikan di Indonesia Timur.

Menurutnya, Maluku menjadi provinsi prioritas dalam program pemerataan pendidikan yang bermutu dan berkualitas.

"Saya melihat Maluku yang paling siap untuk diajak kerja keras memajukan pendidikan," kata Muhadjir, Jumat (24/2).

Investasi di bidang pendidikan adalah paling menguntungkan dibandingkan sektor lain. Dia mengajak pemerintah daerah berani berinvestasi di sektor pendidikan tapi kedisiplinan dalam pengelolaan anggaran harus dijaga.

"Para pengelola pendidikan harus bisa memberikan keteladanan dalam moral dan integritas. Jangan sampai ada penyalahgunaan kewenangan dan jabatan," tegasnya.

Rencananya pemerintah menyediakan sekolah berasrama untuk wilayah dengan kondisi geografis khusus seperti Maluku yang memiliki wilayah terpencil dan terpencar di berbagai pulau.

Menurut data Kemendikbud, beberapa kabupaten/kota di wilayah Maluku sudah menuntaskan wajib belajar sembilan tahun. Ke depan, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad berharap agar Dinas Pendidikan bisa melakukan pendataan anak-anak usia sekolah yang tidak atau belum bersekolah, khususnya di wilayah terpencil.

"Kalau tidak ada sekolah, kami siap membantu membangun sekolahnya, nanti asramanya juga kami siapkan. Kami mohon agar KIP bisa didukung dan dikawal," tutur Hamid.(esy/jpnn)


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam melakukan


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News