Mana Lebih Baik, Minum Air Rebusan atau Galon?

Mana Lebih Baik, Minum Air Rebusan atau Galon?
Air putih. Foto: Pixabay

jpnn.com - Sebagian orang memilih untuk mengonsumsi air galon atau air mineral kemasan, dan sebagian lainnya lebih suka untuk merebus air sendiri. Bagaimana dengan Anda?

Pada dasarnya, dalam mengonsumsi air minum, bukan hanya jumlah air yang penting untuk diperhatikan melainkan juga jenis air yang dikonsumsi. Kedua hal tersebut sama-sama berperan vital bagi kesehatan Anda.

Lalu, apakah jenis air rebusan lebih baik dari air galon? Atau mungkin sebaliknya?

Seberapa amankah air galon?

Air galon yang dijual di pasaran umumnya melalui proses produksi tertentu sebelum dikemas. Proses yang dilakukan bisa berupa distilasi, filtrasi, atau purifikasi.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa produk air yang dikemas aman untuk dikonsumsi. Sebelum beredar juga harus sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku untuk dapat dipasarkan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah air galon memiliki tanggal kedaluwarsa. Air mineral sebenarnya tidak dapat kedaluwarsa. Tanggal tersebut lebih dimaksudkan untuk wadah plastiknya. Selain itu, meskipun tidak dapat kedaluwarsa, rasa dan kualitas air mineral dapat berkurang jika telah melewati tanggal kedaluwarsa.

Penting juga untuk mencermati kode angka dalam segitiga, yang terdapat pada bagian bawah galon. Dari situ, Anda dapat mengetahui apakah galon tersebut aman untuk digunakan kembali atau hanya sekali pakai.

Untuk itu, penting untuk memastikan bahwa air minum, baik itu air rebusan atau air galon yang Anda konsumsi adalah yang terbaik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News