Mana yang Lebih GILA, M16 atau AK-47?

Mana yang Lebih GILA, M16 atau AK-47?
M16 (atas) dan AK-47. Foto: military-today

jpnn.com - M16 dan AK-47 adalah dua senapan serbu yang paling ikonik di dunia. Dua jenis senjata ini harus diakui menjadi dua dari banyak pilihan senapan yang terus berkembang. 

Senapan serbu pada dasarnya adalah 'perkawinan' dari submachine gun dan rifle. Senapan serbu pertama kali digunakan dalam jumlah besar selama Perang Dunia II. Sebelum itu, senapan mesin ringan adalah senjata pilihan.

Avtomat Kalashnikova 1947 (AK-47) dikembangkan pada tahun 1947 dan pertama kali digunakan oleh Uni Soviet pada tahun 1949. Sejak diperkenalkan menjadi senjata standar angkatan bersenjata Soviet, senapan yang juga dikenal dengan Kalashnikov ini menjadi senjata yang sukses di antara senjata api lainnya, di luar efektivitas pistol, senapan mesin dan senapan para penembak jitu.

Sementara M16 adalah desain yang lebih modern. Selama Perang Vietnam, Amerika Serikat dihadapkan fakta bahwa mereka tidak bisa memenangkan pertempuran dengan M14 melawan AK-47. Pengganti diperlukan. Maka diracik lah senapan serbu AR-15 yang terus dikembangkan dan diadopsi oleh Eugene Stoner pada awal 1960-an. M16 kemudian akhirnya menjadi senapan standar militer AS.

Mana yang Lebih GILA, M16 atau AK-47?

AK-47. Foto: AFP

Dilihat dari konsep atau desainnya, AK-47 terinspirasi dari konsep perang ala Soviet. Sederhana, mudah dioperasikan namun mematikan. Ya, AK 47 adalah senjata sederhana dalam desain dan teknologi. Dia pun termasuk dalam teknologi rendah yang murah diproduksi dalam jumlah besar. Namun kesederhanaan justru menjadi kunci keberhasilannya. Senapan serbu ini sangat cocok untuk pengguna yang kurang terlatih atau bahkan yang tidak terlatih. Dan jika di tangan ahli, AK-47 sangat menakutkan.

Sementara M16 adalah kesimpulan dari senjata senapan serbu yang lebih modern dan lebih maju. Kinerjanya lebih unggul dibanding AK-47. Namun optimalisasi dari senapan yang satu ini hanya bisa berada di tangan seorang prajurit terlatih.

M16 dan AK-47 adalah dua senapan serbu yang paling ikonik di dunia. Dua jenis senjata ini harus diakui menjadi dua dari banyak pilihan senapan yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News