Manado Bakal jadi Hub di Utara, Filipina Menjadi Penting bagi Pariwisata

Manado Bakal jadi Hub di Utara, Filipina Menjadi Penting bagi Pariwisata
Arief Yahya. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo sudah berjanji akan melihat Manado sebagai destinasi wisman dari Tiongkok, saat bertemu diaspora di Shanghai, 3 September lalu. 

Ya, Manado kini sudah sangat berubah. Semula hanya satu penerbangan per hari Silk Air dari Singapore, sekarang 10 ribu turis dari enam kota di China yang terbang langsung ke Manado dalam sebulan.

Sekarang, atraksi di sana tidak hanya Bunaken dan Selat Lembeh saja. Diperlukan percepatan membuat atraksi, baik culture, nature maupun man made di Manado dan kota kabupaten yang ada di sekitarnya. “Harus ada event Mingguan, bahkan harian yang bisa menarik minat wisman Tiongkok, seperti wisata kuliner dan kesenian,” kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Membangun 3A –Atraksi, Akses, Amenitas—nya harus seimbang. Yang terjadi di Manado ini akses lebih cepat, sementara amenitas dan atraksinya tertinggal. Inilah yang harus dikebut oleh Pemerintah Daerah, Gubernur dan Walikota yang memiliki destinasi di daerah. 

Sebab, sebentar lagi akan lebih banyak wisman yang terbang ke Manado. Sebagai bakal daerah hub atau pusat, Manado juga akan menjadi connector ke Ambon, Morotai, Gorontalo, Sangihe, Ternate-Tidore, sampai Sorong.

Bukan hanya dari Tiongkok, tetapi juga dari Filipina, Negara yang paling dekat dari Manado. Di sana bakal digelar Sales Mission Bahari di Filipina dalam rangka mempromosikan pariwisata Indonesia 8 September 2016, di Dusit Thani Hotel, Manila. 

"Kami akan ikut sertakan 10 sellers Indonesia yang menjual paket diving di beberapa daerah di Indonesia seperti: Sabang, Aceh Besar, Banda Naera – Ambon, Yogyakarta, dan Bali. Para sellers tersebut akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan produk-produk wisata bawah laut unggulan mereka di hadapan 40 buyers yang berasal dari diving schools, dive operator, dive equipment suppliers, travel operator, independent divers dan dive journalists yang berada di Filipina,” beber Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kemenpar, Rizki Handayani.

Bukan hanya itu, Lion Air juga akan terbang ke Davao dan Cebu Island Filipina, dalam waktu dekat. 

JAKARTA - Presiden Joko Widodo sudah berjanji akan melihat Manado sebagai destinasi wisman dari Tiongkok, saat bertemu diaspora di Shanghai, 3 September

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News