Managemen Informasi Buruk, Harga Sulit Turun

Managemen Informasi Buruk, Harga Sulit Turun
Managemen Informasi Buruk, Harga Sulit Turun
JAKARTA – Ekonom Senior Lembaga Pengkajian Ekonomi dan Sosial Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Arianto Patunru menilai gagalnya pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi disebabkan karena buruknya manajemen informasi. Akibatnya, dengan tidak pastinya kebijakan yang akan diambil pemerintah maka malah memperbesar ekspektasi dari inflasi.

“Saya kecewa dengan manajemen pemerintah dalam memberikan informasi, tahun lalu SBY bisa menaikan harga tapi tidak dilakukan lalu lihat di media, menteri yang ini bilang mau naikan yang satu lagi bilang tidak ini malah menimbulkan ekspektasi di masyarakat,” kata Arianto Patunru kepada wartawan di Jakarta, Rabu (11/4).

Menurutnya, dengan adanya keragu-raguan dari pemerintah terhadap kebijakan yang akan diambil, maka membuat ekspektasi masyarakat bahwa sewaktu-waktu harga BBM bersubsidi bisa dinaikan. Hal tersebut, imbuh dia,  menjadi bumerang bagi pelaku pasar untuk menaikan harga-harga dan bisa mengerek inflasi lebih tinggi.

“Karena ekspektasi tidak di-manage dengan baik maka harga akan susah untuk diturunkan dan ini yang akan mengancam tingkat inflasi kedepan,” ungkapnya.

JAKARTA – Ekonom Senior Lembaga Pengkajian Ekonomi dan Sosial Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Arianto Patunru menilai gagalnya pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News