Mandala Dan Merpati Incar Rute Batavia

Mandala Dan Merpati Incar Rute Batavia
Mandala Dan Merpati Incar Rute Batavia
JAKARTA--Setelah Batavia Air dinyatakan pailit dan tidak lagi beroperasi, beberapa maskapai penerbangan nasional langsung bergerak. Mereka mengincar rute penerbangan yang ditinggalkan Batavia Air. Ada 42 rute penerbangan domestik dan enam rute penerbangan internasional yang ditinggalkan Batavia Air.

"Baru dua maskapai yang mengirim surat tertulis untuk mengambil rute Batavia Air, yaitu Mandala Airlines dan Merpati Nusantara Airlines. Saya kira nanti pasti ada lagi," ujar Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Herry Bakti S. Gumay, Jumat (1/2).

Dari sekitar 50 juta penumpang pesawat tahun lalu, Batavia Air menguasai 4,5 persen pangsa pasar. Sejatinya ada beberapa maskapai lain yang juga berminat mengambil rute Batavia Air. Namun, mereka baru menyampaikan minat secara lisan. Kemenhub tidak memberikan batas waktu untuk pengajuan pengambilalihan rute milik Batavia Air. "Kalau mereka siap silahkan saja, bergantung masing-masing maskapai," kata Herry.

Kemenhub tidak akan mempersulit maskapai yang ingin mengambil rute-rute yang selama ini dioperasikan Batavia Air. Sebab, hal itu akan membantu mengatasi kekurangan atau bahkan tidak adanya penerbangan di beberapa rute karena tidak lagi dilayani Batavia Air. "Maskapai manapun yang meminta, kalau mereka siap akan langsung kami beri izin," tegasnya.

JAKARTA--Setelah Batavia Air dinyatakan pailit dan tidak lagi beroperasi, beberapa maskapai penerbangan nasional langsung bergerak. Mereka mengincar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News