Manfaat Antioksidan Air dan Inhalasi Hidrogen Bagi Penerima Vaksinasi Covid-19

Manfaat Antioksidan Air dan Inhalasi Hidrogen Bagi Penerima Vaksinasi Covid-19
Ilustrasi penggunaan air hidrogen. Foto: LiveWell

jpnn.com, JAKARTA - Vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk merangsang pembentukan antibodi terhadap spesifik Covid-19.

Menurut dr. Bintang Cristo F, tubuh yang fit diperlukan sebelum dan sesudah melakukan vaksinasi.

Cara mempersiapkan kondisi tubuh lebih optimal, yaitu dengan konsumsi makanan bergizi, beristirahat, olahraga ringan, dan menjaga kebutuhan cairan tubuh serta menjaga imunitas.

“Antioksidan yang baik juga bisa menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan dan juga membantu mengatasi keluhan pasca vaksinasi Covid-19," kata dr. Bintang pada webinar Health Talk From Home yang diselenggarakan LiveWell Global, baru-baru ini.

Gejala yang dialami penerima vaksin biasanya bersifat minor dan ringan, seperti pusing, mual, nyeri otot, nyeri di tempat bekas suntikan vaksin, kelelahan, demam, merasa lapar, dan mengantuk.

Dokter Spesialis Bedah Saraf dan Kepala Instalasi Gawat Darurat, serta Tenaga Medis Covid-19 RS PGI Cikini, Jakarta Pusat itu  menyatakan, antioksidan selain dari sumber buah dan sayur juga bisa didapat dari air dan inhalasi hidrogen.

Hidrogen, kata dr. Bintang, molekulnya sangat kecil dan ringan sehingga mudah masuk ke dalam tubuh dan segera didistribusi melalui seluruh pembuluh darah hingga ke bagian tubuh.

"Apabila ada keluhan-keluhan karena inflamasi maka akan cepat diredakan dan diatasi, begitu juga apabila banyak radikal bebas akan cepat dinetralkan dan dibuang dari dalam tubuh," tukasnya.

Antioksidan yang baik bisa juga membantu mengatasi keluhan pasca vaksinasi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News