JPNN.com

Manfaat Aprikot Kering untuk Kesehatan

Kamis, 05 September 2019 – 12:17 WIB Manfaat Aprikot Kering untuk Kesehatan - JPNN.com

jpnn.com - Aprikot kering kaya akan zat besi, kalium, kalsium, dan vitamin A, C, dan E. Menambahkannya ke rutinitas Anda bisa membantu mengelola anemia, gangguan pembekuan darah, penyakit jantung, mata, dan kulit. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze, Rabu (4/9).

1. Membantu mengobati anemia

Mengonsumsi makanan kaya zat besi adalah cara terbaik untuk mengatasi anemia. Aprikot kering adalah sumber zat besi yang sangat baik. Juga, vitamin C yang dikandungnya meningkatkan penyerapan zat besi.

2. Meringankan sembelit

Plum kering, prem, dan aprikot adalah pilihan yang sangat baik untuk mengobati sembelit. Delapan buah aprikot kering mengandung sekitar empat gram serat. Fitokimia yang dikandung buah kering ini juga bisa mengurangi peradangan usus yang disebabkan oleh sembelit.

BACA JUGA: Ketahuilah, Sepuluh Manfaat Jus Aprikot untuk Kesehatan

3. Meningkatkan kontrol glikemik dan diabetes

Aprikot kering mengandung phytochemical seperti asam fenolik, flavonoid, dan karotenoid. Ini, bersama dengan serat, bekerja untuk mengurangi risiko diabetes. Namun perlu diingat dengan ukuran porsi. Karena ukurannya yang kecil, Anda akan mudah untuk mengonsumsinya terlalu banyak dan menumpuk kalori yang tidak perlu. 

4. Kurangi peradangan

Makanan mentah atau tidak diproses (seperti aprikot kering) mengandung banyak fitonutrien aktif. Aprikot segar dan kering mengandung beberapa polifenol. Asam klorogenat (asam 5-caffeoylquinic), asam neoklorogenik, asam caffeic, asam p-coumaric dan asam ferulic dominan dalam buah-buahan ini. Catechin, epicatechin, quercetin, kaempferol, dan quercetin 3-rutinoside juga telah diidentifikasi. Semua phytochemical ini terbukti sebagai senyawa antiinflamasi.

5. Promosikan kesehatan mata

Seratus gram aprikot kering mengandung 3604 IU vitamin A dan 2163 mcg ß-karoten. Bahan gizi mikro ini mendukung visi yang baik. Juga, vitamin A adalah antioksidan kuat yang menghilangkan radikal bebas dari makula dan retina.(fny/jpnn) 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...