Manfaat Kemangi yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Kemangi yang Perlu Anda Ketahui
ILUSTRASI. FOTO: India Times

jpnn.com - Anda tentunya tahu dengan tumbuhan kemangi, yakni tumbuhan kecil yang biasanya tumbuh subur mana kala musim penghujan tiba. Tumbuhan ini memiliki bentuk yang kecil hampir sama dengan rumput akan tetapi memiliki bulu-bulu kecil yang aman untuk disentuh.

Tumbuhan ini berbunga yang mana didalam bunganya terdapat biji yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan pengganti biji selasih. Daun tumbuhan kemangi memiliki rasa dan aroma yang khas.

Rasa dan aroma tersebut kemudian membuat daun ini banyak digunakan sebagai lalap makan bersama penyet ikan.

Bukan hanya memberikan kesegaran saat di konsumsi, ternyata daun kemangi ini memiliki manfaat yang cukup banyak untuk tubuh manusia, seperti dilansir laman India Times, Minggu (27/9).

1. Mengobati demam dan batuk secara alami

Daun kemangi bertindak sebagai disinfektan yang membantu melindungi tubuh dari berbagai jenis infeksi virus. Daun kemangi jika dikonsumsi bersama dengan jahe dan madu ampuh sebagai obat yang bermanfaat terhadap bronkitis, batuk biasa dan demam. Air rebus daung kemangi juga baik obat untuk sakit tenggorokan.

2. Membuat gigi putih

Daun kemangi baik dalam bentuk kering atau bubuk bisa digunakan untuk menyikat gigi dan membantu dalam menjaga kesehatan gusi, memutuhkan gigi, memerangi bau mulut, sakit gigi, penyakit pada gusi dan masalah gigi lainnya serta 99 persen dari kuman dan bakteri di dalam mulut bisa dihancurkan jika Anda rutin menggunakan daun kemangi.

Anda tentunya tahu dengan tumbuhan kemangi, yakni tumbuhan kecil yang biasanya tumbuh subur mana kala musim penghujan tiba. Tumbuhan ini memiliki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News