Manggala Agni Kerja Keras Tangani Karhutla di Lahan Gambut

Manggala Agni Kerja Keras Tangani Karhutla di Lahan Gambut
Manggala Agni memadamkan titik api sejak dini. Foto: KLHK

jpnn.com, JAMBI - KLHK terus berupaya menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang masih terjadi di lahan gambut di beberapa titik di Sumatera dan Kalimantan.

Di tingkat tapak, Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan – Manggala Agni bersama- sama dengan para pihak terus berupaya melakukan penanganan karhutla hingga api padam.

“Beberapa kejadian kebakaran terjadi pada lahan gambut. Kebakaran pada gambut ini sangat berpotensi munculnya asap yang mengganggu jika tidak segera dituntaskan,” ujar Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Raflles B. Panjaitan. 

Raffles menambahkan KLHK telah melakukan berbagai upaya pencegahan dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan ini dengan meningkatkan peran masyarakat dan para pihak di tingkat tapak bersama Manggala Agni.

"Praktik pembukaan lahan dengan membakar di tengah cuaca yang panas dan kering di beberapa wilayah menjadi salah penyebab terjadi karhutla akhir-akhir ini," lanjutnya.

Kondisi gambut pada musim kemarau, dijelaskan Raffles, akan sangat kering sehingga mudah terbakar.

Gambut mengandung bahan bakaran berupa bahan organik sisa tumbuhan sampai di bawah permukaan.

Api di lahan gambut menjalar di bawah permukaan tanah secara lambat dan dan sulit dideteksi, dan menimbulkan asap tebal.

Kebakaran pada gambut ini sangat berpotensi munculnya asap yang mengganggu jika tidak segera dituntaskan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News