Manggala Agni Siaga Karhutla di Sumatera dan Sulawesi

Manggala Agni Siaga Karhutla di Sumatera dan Sulawesi
Manggala Agni memadamkan titik kebakaran. Foto: KLHK for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meningkatkan kesiapsiagaan dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Hal ini dilakukan seiring terpantaunya 22 hotspot yang tersebar di Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara, di wilayah Sumatera dan Sulawesi, berdasarkan Satelit TERRA-AQUA, Sabtu (3/2) malam.

"Terkait hal ini, Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) KLHK – Manggala Agni, telah siaga melakukan groundchek dan pemadaman dini pada lokasi yang terpantau hotspot," kata Direktur PKHL KLHK, Raffles B. Pandjaitan.

Di Desa Ussu, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan, pemadaman dilakukan Manggala Agni Daops Malili pada lahan masyarakat seluas ± 5 ha (Sabtu, 3/2), dan pemadaman dilakukan sore hari, dan setelah kurang lebih 1,5 jam, api berhasil dipadamkan.

Manggala Agni Siaga Karhutla di Sumatera dan Sulawesi

Pada hari yang sama, pemadaman juga dilakukan oleh Manggala Agni Daops Tinanggea, Sulawesi Tenggara bersama-sama dengan personel perusahaan pemegang izin di Desa Weamo, Kecamatan Tinondo, Kabupaten KolakaTimur. Pemadaman ini merupakan lanjutan dari hari sebelumnya, yang berlokasi di batas wilayah perkebunan sawit, kawasan hutan produksi, dan lahan masyarakat.

"Manggala Agni terus melakukan koordinasi dengan Polda Sulawesi Tenggara, Polsek Mowewe, Pemerintah Daerah Kolaka Timur, dan Kepala KPHP Kolaka Timur. Luas terbakar belum dapat diketahui karena kendala dilapangan, namun Manggala Agni terus siap siaga di lokasi," ucap Raffles.

Di Kalimantan Tengah, Manggala Agni Daops Muara Teweh juga melakukan pemadaman di Desa Jingah, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara, bersama-sama dengan BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran, dan masyarakat. Luas kebakaran diperkirakan 0,42 ha dan api berhasil dipadamkan.

Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Manggala Agni siaga melakukan groundchek dan pemadaman dini pada lokasi yang terpantau hotspot.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News