Mangindaan Ajak Umat Nasrani Konsisten Terapkan Pancasila

Mangindaan Ajak Umat Nasrani Konsisten Terapkan Pancasila
Wakil Ketua MPR EE Mangindaan dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di hadapan jemaat Gereja Santo Leo Agung Jatiwaringin, Jakarta Timur, Minggu (10/12). Foto: Humas MPR

jpnn.com, BEKASI - Wakil Ketua MPR RI EE Mangindaan mengajak umat Nasrani menjaga Pancasila dengan baik agar Indonesia makin aman. Caranya adalah dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Mangindaan menyampaikan ajakannya saat membuka Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di hadapan jemaat Gereja Santo Leo Agung Jatiwaringin, Jakarta Timur, Minggu (10/12). Ikut hadir pada acara itu antara lain anggota MPR dari kelompok DPD  Ir. Marharny Pua MA dan Dewan Paroki  Santo Leo Agung Jatiwaringin RM Kunradus Budin Mukin 

Menurut Mangindaan, Indonesia akan tumbuh menjadi negara besar jika terus mempertahankan Pancasila sebagai dasar dan ideologi bangsa. Namun, orang-orang yang tidak ingin melihat Indonesia menjadi negara yang besar berusaha mengganti dasar negara Pancasila dengan ideologi lain.

Sayangnya, Badan Pembinaan Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (BP7) yang pada masa Orde Baru eksis sebagai lembaga yang bertugas menyosialisasikan Pancasila malah dibubuarkan. Beruntung, kini tugas-tugas menyosialisasikan Pancasila bisa dilakukan oleh MPR RI. 

"Tetapi,  MPR tidak akan sanggup melakukan sosialisasi  sendiri, karena  MPR tidak memiliki kaki di bawah. Karena itu, perlu ada lembaga negara yang memiliki tugas khusus melaksanakan sosialisasi, seperti halnya BP7 di zaman Orde baru", kata Mangindaan.

Apalagi, sambung Mangindaan menambahkan, tantangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa yang akan datang makin besar. Bahkan tantangan itu bukan hanya datang dari luar negeri, tetapi juga dalam negeri.

“Karena itu, Pancasila harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.(adv/jpnn)


Wakil Ketua MPR RI EE Mangindaan mengajak umat Nasrani menjaga Pancasila dengan baik agar Indonesia makin aman dan tumbuh menjadi negara besar.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News