Manipulasi Data PPDB, Siswa Langsung Digugurkan

Manipulasi Data PPDB, Siswa Langsung Digugurkan
Manipulasi Data PPDB, Siswa Langsung Digugurkan

MAKASSAR - Bukan hanya para Kepala Sekolah saja yang menandatangani pakta integritas untuk mencegah manipulasi data. Tetapi, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Makassar, Sulawesi Selatan melakukan hal yang sama untuk peserta didik. Kebijakan internal tersebut untuk memperketat verifikasi nilai calon peserta didik.

    

Utamanya calon peserta yang berasal dari luar Kota Makassar, sebab data dan nilainya tidak ada dalam sistem milik Disdikbud Kota Makassar. Mereka hanya menginput sendiri nilainya saat pengisian formulir pengajuan pendaftaran.

    

Di SMAN 5 Makassar, para calon peserta yang datang melakukan verifikasi harus membuat surat pernyataan secara tertulis bahwa nilai yang ada di Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) sementara, itu sesuai dengan aslinya. Jika tidak sesuai, maka siap dianulir jika lulus.

    

Surat pernyataan tersebut ditulis tangan oleh calon peserta dibalik SKHUN sementara, lalu ditandatangani dan disaksikan oleh orang tua.  Bunyinya; "Jika sekiranya nilai dan data yang ada dibalik kertas ini tidak sesuai denga aslinya, maka saya bersedia

untuk tidak diterima di SMAN 5 Makassar".

MAKASSAR - Bukan hanya para Kepala Sekolah saja yang menandatangani pakta integritas untuk mencegah manipulasi data. Tetapi, Sekolah Menengah Atas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News