Mantan Sesmil Presiden Sebut Prabowo Tak Tahu Apa-apa di Debat Ketiga

Mantan Sesmil Presiden Sebut Prabowo Tak Tahu Apa-apa di Debat Ketiga
Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/3). Aristo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin mengaku tak menyangka kontestan bernomor urut 2 di Pilpres 2024 Prabowo Subianto yang juga menteri pertahanan atau menhan justru tampil kurang meyakinkan pada Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 pada Minggu (7/1/2024) malam.

Mantan sekretaris militer kepresidenan itu menganggap Prabowo tidak menguasai persoalan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik sebagai tema dalam debat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut.

"Saya kira debat capres kali ini dengan tema soal hankam dan politik luar negeri akan menjadi panggung kemenangan bagi Capres Prabowo Subianto yang juga menteri pertahanan, tetapi ternyata beliau tidak tahu apa-apanya,” ujar Hasanuddin melalui layanan pesan, Senin (8/1/2024).

Legislator PDI Perjuangan di Komisi Pertahanan dan Luar Negeri DPR itu menegaskan seharusnya Prabowo yang sudah menjadi menhan selama empat tahun lebih bisa menjadi bintang dalam debat tersebut.

Hasanuddin menegaskan semestinya Prabowo mampu memberikan penjelasan secara secara gamblang dan terperinci tentang sistem pertahanan yang efektif, anggaran pertahanan yang ideal, hingga model pengadaan alutsista sesuai UU Nomor 16 Tahun 2012 Tentang Industri Pertahanan.

Namun, Hasanuddin menilai kualitas Prabowo dalam debat itu justru berada di bawah dua capres lainnya.

“Jauh di bawah lawan debatnya baik capres nomor 1 (Anies Baswedan) maupun capres nomor 3 (Ganjar Pranowo, red),” imbuh Hasanuddin.

Pensiunan tentara dengan pangkat terakhir mayor jenderal itu juga menyoroti ketidakmampuan Prabowo menjelaskan rencana strategis atau renstra tentang kekuatan pokok minimum atau minimum essential force (MEF) alutsista yang tidak sampai level 70 persen.

Eks Sesmilpres TB Hasanuddin mengaku tak menyangka Prabowo Subianto yang juga menhan justru tampil kurang meyakinkan pada debat yang mengangkat tema pertahanan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News