Mantap, Gus Menteri Terbitkan Buku SDGs Desa Seri Pertama

Mantap, Gus Menteri Terbitkan Buku SDGs Desa Seri Pertama
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar atau Gus Menteri. Foto: Humas Kemendes PDTT.

jpnn.com, JAKARTA - Buku SDGs Desa karya Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar atau Gus Menteri diluncurkan secara resmi oleh penerbit Yayasan Obor Indonesia, Senin (21/12), secara virtual.

Ketua Yayasan Obor Indonesia Kartini Nurdin mengatakan buku SDGS Desa yang ditulis Gus Menteri ini merupakan konsep dan pemikiran pembangunan desa. Menurutnya, buku ini merupakan seri pertama trilogi dari SDGs Desa.

"Untuk seri berikutnya akan terbit kemudian," kata Kartini dalam peluncuran buku SDGs Desa seri pertama tentang percepatan pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan.

Kartini mengakui dalam menangani 74.953 desa, dengan wilayah Indonesia begitu luas tentu tidak mudah. Menurutnya, dibutuhkan perencanaan yang matang karena mencakup beberapa aspek kehidupan di antaranya sosial, ekonomi, budaya dan lingkungan.

Kartini menegaskan bahwa dalam hal ini diperlukan kerja sama, bahu membahu dengan berbagai pihak terkait. Terlebih lagi, desa memiliki peranan strategis dalam pembangunan nasional.

"Terwujudnya pembangunan nasional jika desa maju dan beberapa tahun ini sudah dimulai pembenahannya oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi," katanya.

Lebih lanjut Kartini berharap seri pertama buku SDGs Desa karya Gus Menteri ini memberi manfaat bagi semua kalangan. 

"Pada hari ini, buku SDGs Desa ini kami luncurkan bersama. Mudah-mudahan juga semua mendapatkan informasi secara lengkap dan terbuka dari si penulis buku yakni Gus Menteri," katanya.

Ketua Yayasan Obor Indonesia Kartini Nurdin mengatakan buku SDGS Desa yang ditulis Gus Menteri ini merupakan konsep dan pemikiran pembangunan desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News