Mantap! Sebentar Lagi Bromo Punya Badan Otorita

Mantap! Sebentar Lagi Bromo Punya Badan Otorita
Kawasan Bromo. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - SURABAYA--Pemerintah pusat akan segera membentuk badan otorita untuk mengelola kawasan wisata Bromo Tengger Semeru. Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Jarianto, ini untuk mengelola secara khusus destinasi wisata di Jawa Timur.

"Ini adalah keseriusan pemerintah bahwa wisata Indonesia harus benar-benar mampu menjadi perhatian dunia," katanya, kemarin.

Jarianto menambahkan, saat ini pemerintah provinsi Jawa Timur juga sedang menyiapkan program untuk menyiapkan sumber daya manusia membantu pengembangan kawasan Bromo Tengger Semeru.

"Jangan sampai masyarakat di sana tidak mengerti bagaimana mengembangkan potensi wisata, khususnya menciptakan suasana yang nyaman dan aman bagi wisatawan," kata mantan PJ Bupati Trenggalek ini.

Tugas badan otorita itu tidak hanya mengolah lokasi wisata. Tapi juga mengurusi insfrastruktur seperti akses jalan, jalan penghubung,jembatan, penginapan serta insfrastruktur pendukung lainnya. Badan otorita ini sebelumnya sudah dibentuk untuk kawasan Danau Toba.

Pembentukan Badan Otorita ini termasuk dalam program Kementerian Pariwisata yang  dipersiapkan untuk mengelola anggaran Rp. 10 triliun. Dana itu dikucurkan pemerintah pusat, untuk pengembangan pariwisata yang termasuk dalam 10 destinasi wisata Indonesia menarik. (mud/flo/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News