Manusia Serakah Bakal Musnah karena Evolusi

Manusia Serakah Bakal Musnah karena Evolusi
Manusia Serakah Bakal Musnah karena Evolusi

jpnn.com - LEICESTER-- Berbaik hatilah mulai sekarang. Pasalnya, berdasarkan hasil riset terbaru yang dilakukan para ilmuwan di Michigan State University, orang serakah dan egois tak akan punya tempat dalam kehidupan manusia di masa datang.

Evolusi akan membuat orang-orang seperti itu musnah dari muka bumi. Evolusi tidak akan memihak orang yang egois, demikian temuan sebuah riset tersebut. Hal ini mematahkan teori sebelumnya bahwa orang hanya bisa bertahan jika mendahulukan diri mereka sendiri.

Menurut riset terbaru ini menunjukkan bekerja sama dan memiliki sifat kooperatif justru bermanfaat untuk kelangsungan hidup. Para ilmuan menguji teori ini dengan skenario permainan yang merupakan studi dalam pengambilan keputusan.

Diterbitkan di Nature Communications, tim ini mengatakan penelitian mereka membuktikan sifat-sifat egoisme akan membuat manusia punah.

Model ini memungkinkan ilmuan mengupas strategi-strategi pengambilan keputusan yang kompleks dan mengetahui mengapa sifat-sifat tertentu muncul dalam diri individu.

Prof Andrew Coleman dari Universitas Leicester, Inggris, mengatakan studi ini menghentikan interpretasi ambisius dari strategi sebelumnya, yang mengatakan strategi-strategi egois dan manipulasi akan membuat seseorang bertahan dalam lingkungan keras.

"Darwin sendiri dulu terkejut dengan kerja sama yang dilihatnya di alam. Ia sangat tertarik dengan serangga-serangga sosial," kata Prof Coleman.

"Anda mungkin berpikir bahwa seleksi alam memihak individu yang eksploitatif dan egois, tapi faktanya sekarang kita tahu setelah riset puluhan tahun bahwa hal itu tidak benar, terutama jika anda menganggap gen egois muncul dalam evolusi," lanjutnya.

LEICESTER-- Berbaik hatilah mulai sekarang. Pasalnya, berdasarkan hasil riset terbaru yang dilakukan para ilmuwan di Michigan State University, orang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News