Marcos Senna Bawa Aroma Samba

Marcos Senna Bawa Aroma Samba
Marcos Senna Bawa Aroma Samba
MARCOS Senna tidak pernah menyesal menanggalkan kewarganegaraan Brazil, dan memilih menjadi citizen Spanyol. Dia langsung masuk skuad Spanyol untuk Piala Dunia 2006 dan Euro 2008. Berkat keputusan itu pula, Senna menjadi pemain kelahiran Brazil pertama yang pernah mengangkat trofi juara Eropa.

   

Hal itu tidak akan pernah terjadi kalau Senna tidak pindah kewarganegaraan. Hingga usianya masuk 29 tahun, pemain kelahiran Sao Paulo itu tidak kunjung dipanggil timnas Brazil. Lima tahun silam, di posisi gelandang bertahan masih ada Gilberto Silva dan Emerson yang tidak mungkin ditinggalkan oleh Carlos Alberto Parreira. Di sisi lain, pelatih Spanyol Luis Aragones menyatakan ingin memasukkan Senna dalam skuadnya jika memang boleh.

Karena itu, sebelum deadline  penentuan skuad Piala Dunia 2006, Senna berjuang mendapatkan kewarganegaraan Spanyol. Januari 2006, ketika sudah berusia 30 tahun, dia resmi menjadi warga Negeri Matador, dan masuk skuad La Furia Roja, sebutan Spanyol. Dia mencatat debut 1 Maret 2006, ketika Spanyol menjamu Pantai Gading dalam laga uji coba. Sayang, namanya ikut tenggelam seiring buruknya prestasi Matador di PD 2006.

Kegagalan di PD 2006 tidak menyurutkan niat Aragones untuk kembali memasukkan Senna di skuad Euro 2008. "Senna membawa aroma samba dalam skuad Spanyol. Permainan dia sangat cantik, tapi cocok dengan karakter permainan kita. Dia juga sangat disiplin," sebut Aragones kepada Associated Press kala itu.

MARCOS Senna tidak pernah menyesal menanggalkan kewarganegaraan Brazil, dan memilih menjadi citizen Spanyol. Dia langsung masuk skuad Spanyol untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News