Maret, Pendaftaran Capres Mesir Dimulai

Maret, Pendaftaran Capres Mesir Dimulai
Maret, Pendaftaran Capres Mesir Dimulai
JAKARTA - Pascaruntuhnya rezim Hosni Mubarak, Mesir bersiap menggelar pemilihan presiden. Mahkamah Agung Konstitusi Mesir mengumumkan bahwa masa pencalonan presiden akan dimulai 10 Maret mendatang. Pendaftaran ini akan dibuka selama empat pekan, tapi lembaga ini menolak mengumumkan tanggal pemilu.

Kepala Komite Pengadilan (Bawaslu Mesir), Farouq Sultan, mengatakan bahwa keputusan itu diharapkan dapat segera diambil mengingat Mesir akan mengadakan pemilihan presiden. "Pemungutan suara akan berlangsung selama satu atau dua hari. Pengumuman pemenang –bahkan jika terjadi putaran kedua- akan dinyatakan pada akhir Juni 2012," kata Faouq Sultan seperti dikutif Radio Iran dari Associated Press.

Penetapan masa pemilihan presiden telah menjadi isu hangat di Mesir. Para aktivis yang bersikap kritis terhadap pemerintahan militer, mendesak para jenderal untuk mengadakan pemilu lebih awal dari bulan Juni dan segera menyerahkan kekuasaan kepada pemerintahan sipil.

Banyak aktivis percaya bahwa militer ingin memastikan pemilu akan menghasilkan presiden yang mendukung kepentingan mereka dan memungkinkan untuk memiliki suara yang kuat dalam politik bahkan setelah resmi menyerahkan kekuasaan.

JAKARTA - Pascaruntuhnya rezim Hosni Mubarak, Mesir bersiap menggelar pemilihan presiden. Mahkamah Agung Konstitusi Mesir mengumumkan bahwa masa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News