Market Roda 2 Turun, Motor Matik Mendominasi Pasar

Market Roda 2 Turun, Motor Matik Mendominasi Pasar
Ilustrasi Honda Scoopy. Foto: Frizal/Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, SURABAYA - Motor matik semakin mendominasi pasar di Jawa Timur. Berdasar data kontribusi di beberapa distributor kendaraan roda dua, penjualan motor matik cukup tinggi meski market roda dua mengalami penurunan sepanjang 2017.

Marketing Division Head PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Abdy Ronotana menyatakan, tahun ini penjualan kendaraan roda dua di Jatim menurun hingga 12,6 persen. Untuk merek Honda, mengalami minus sembilan persen.

’’Honda sudah berjuang dengan segala program-programnya sehingga kami bisa mengalami penurunan yang lebih sedikit,’’ ujar Abdy, Senin (11/12).

Berkat penurunan yang lebih kecil tersebut, market share Honda di Jatim saat ini menjadi 87,7 persen. Tahun lalu mencapai 84 persen.

Meski begitu, penjualan motor matik Honda di Jatim tidak ikut surut.

Berdasar data MPM selaku distributor resmi motor Honda untuk wilayah Jatim, pada 2017 tercatat kontribusi penjualan motor matik Honda 86 persen. Angka tahun lalu adalah 82 persen.

’’Matik semakin lama memang semakin perkasa. Dengan kondisi ekonomi yang agak kurang menggembirakan, banyak konsumen laki-laki yang suka sport ikut-ikutan pindah ke matik,’’ ujar Abdy.

Dia mengungkapkan, market share motor matik di Jatim mencapai 94 persen. Varian matik yang paling diminati konsumen adalah Honda Beat. Disusul HondaVario dan Honda Scoopy.

Berdasar data kontribusi di beberapa distributor kendaraan roda dua, penjualan motor matik cukup tinggi meski market roda dua mengalami penurunan sepanjang 2017

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News