Market Truk Terus Tumbuh, Ini Penyebabnya

Market Truk Terus Tumbuh, Ini Penyebabnya
Astra. Foto: Astra

jpnn.com - SURABAYA –Maraknya pembangunan infrastruktur diyakini membuat market truk dengan segmen konstruksi melebar tahun ini. Karena itu, UD Trucks membidik segmen konstruksi untuk mengejar target market share nasional maupun Jatim.

Chief Operation Officer PT Astra International Tbk-UD Trucks Head Office Winarto Martono menyatakan, pasar truk untuk segmen konstruksi seperti truk mixer dan truk semen curah (bulk semen) bertumbuh 50 persen tahun ini. Ada beberapa faktor yang menumbuhkan market truk di Indonesia.

’’Misalnya, konsumsi, investasi dalam negeri, dan belanja pemerintah. Faktor yang paling bisa diharapkan adalah belanja pemerintah, terutama sektor konstruksi,” terangnya setelah apresiasi bagi pengemudi truk di Surabaya kemarin (18/5).

Bahkan, di segmen kendaraan niaga untuk truk mixer dan semen curah, pihaknya tahun ini menjadi market leader dengan pangsa 70 persen.  Kepala Wilayah Indonesia Timur PT Astra International Tbk-UD Trucks Januar Z. Lubis menambahkan, untuk jenis truk tersebut, pihaknya mengalami inden hingga Agustus.

’’Di wilayah Sulawesi, kebutuhan jenis truk tersebut tinggi karena pembangunan tol laut, pelabuhan, dan jalur kereta api. Jika saat ini permintaan truk mixer dan semen curah tinggi, setelah infrastruktur terbangun, hal itu akan mendongkrak permintaan truk general cargo,” terangnya.

Permintaan truk di Indonesia memiliki potensi bagus saat ekonomi pulih. Sebab, lebih dari 70 persen kargo di negara ini diangkut melalui jalur darat. UD Trucks saat ini memiliki pangsa pasar 14 persen di Indonesia, sedangkan di Jatim market share perseroan 18 persen. (vir)


SURABAYA –Maraknya pembangunan infrastruktur diyakini membuat market truk dengan segmen konstruksi melebar tahun ini. Karena itu, UD Trucks


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News