Marsekal Hadi Beber Hasil Upgrade Wisma Atlet untuk Penanganan Corona

Marsekal Hadi Beber Hasil Upgrade Wisma Atlet untuk Penanganan Corona
Calon Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, jelang mengikuti ujian di DPR. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa Wisma Atlet Kemayoran dalam tahap finalisasi untuk bisa digunakan sebagai fasilitas karantina bagi pasien penderita virus corona (Covid-19). Hadi menyampaikan hal itu saat bersama sejumlah menteri dan Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto mengunjungi Wisma Atlet Kemayoran, Minggu (22/3).

"Kami telah mengecek gedung atlet yang saat ini telah di-upgrade menjadi RS. Kami katakan RS darurat untuk menampung pasien Covid-19. Ada beberapa gedung yang sudah di-upgrade menjadi tempat perawatan, di antaranya ada empat gedung (tower, red)," kata Hadi.

Hadi melanjutkan, Tower 6 dan 7 dikhususkan untuk pemeriksaan dan menerima pasien positif corona. Ada 2.500 tempat tidur disediakan di tower itu.

Di tower tersebut juga disediakan laboratorium, ruang radiologi hingga kamar isolasi ICU maupun non-ICU yang semuanya dilengkapi AC berstandar high efficiency particulate air (HEPA) serta dimodifikasi bertekanan negatif. Adapun Tower 3 untuk mendukung para tenaga medis.

“Tenaga medis terdiri dari Polri, TNI, BUMN, termasuk dari RS swasta dan kelompok-kelompok yang memiliki kemampuan untuk memberikan tenaganya terkait dengan perawatan Covid-19," kata dia.

Hadi menambahkan, ada satu tower untuk digunakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Termasuk di dalamnya adalah TNI Polri, BNPB dan relawan.

"Setelah kami cek semua peralatan sudah lengkap dan diharapkan sesegara mungkin bisa dioperasionalkan untuk kepentingan perawatan bagi yang terjangkit COVID-19," kata dia.

Selain itu, ada fasilitas bagi pasien yang hendak menghilangkan kejenuhan. "Kalau pasien jenuh, kami berikan ruangan untuk relaksasi yang tentunya memenuhi standar," jelas dia.(tan/jpnn)

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa Wisma Atlet Kemayoran dalam tahap finalisasi untuk bisa digunakan sebagai fasilitas perawatan dan karantina bagi pasien penderita virus corona (Covid-19).


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News