Marty: Hubungan RI-Tiongkok Kini di Tingkat Tertinggi

Wen Jiabao Ungkap Peningkatkan Kerjasama Ekonomi dengan RI dan ASEAN

Marty: Hubungan RI-Tiongkok Kini di Tingkat Tertinggi
Marty: Hubungan RI-Tiongkok Kini di Tingkat Tertinggi
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa menyampaikan sambutan sekaligus ungkapan rasa hormat dari bangsa Indonesia, atas kunjungan Perdana Menteri (PM) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Wen Jiabao dan rombongan ke negeri ini. Hal itu diungkapkan Marty di Jakarta, Sabtu (30/4), sebelum Jiabao menyampaikan pidato khusus (policy speech) di hadapan sejumlah menteri, politisi dan undangan lainnya.

"Adalah suatu kenyataan, bahwa hubungan RRT-Indonesia dewasa ini, berada pada tingkat tertinggi. Hubungan yang ditandai oleh semangat persahabatan,  kesetaraan, saling menghormati, dan, yang tidak kalah penting, saling bermanfaat bagi kedua belah pihak," ujar Marty mengawali sambutannya.

Lebih jauh, Marty pun menyampaikan bahwa sebagaimana kerap digarisbawahi, bertumbuh kembangnya hubungan Indonesia dan Tiongkok memiliki makna yang jauh lebih luas dari semata hubungan bilateral. "Hubungan kedua negara memiliki dimensi yang lebih luas, baik pada tataran kawasan, maupun bahkan, pada tataran global," jelasnya.

Dalam konteks pembangunan di kawasan Asia-Pasifik secara lebih luas, Marty pun lantas menyebut bahwa kondisi yang damai, aman dan stabil, diperlukan demi tercapainya upaya-upaya peningkatan taraf hidup di negeri masing-masing. Dan dalam mencapai tujuan dimaksud, kemitraan strategis Indonesia-Tiongkok menurut Marty, sangatlah mutlak.

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa menyampaikan sambutan sekaligus ungkapan rasa hormat dari bangsa Indonesia, atas kunjungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News