Maruli Simanjuntak Resmi Menjabat Komandan Paspampres

Maruli Simanjuntak Resmi Menjabat Komandan Paspampres
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (tengah) Salam Komando usai memimpin upacara Sertijab Danpaspamres Mayjen TNI (Mar) Suhartono ke Brigjen Maruli Simanjuntak di Mako Paspampres, Jakarta, Rabu (19/12). Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Maruli Simanjuntak resmi menjabat Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Danpaspampres) hari ini, Rabu (19/12), setelah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Danpaspamres di Lapangan Mako Paspampres Jalan Tanah Abang II. No. 6 Jakarta Pusat. Brigjen Maruli menggantikan Danpaspampres sebelumnya yakni Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam sambutannya menyampaikan Sertijab ini menandai regenerasi kepemimpinan, yang tidak hanya merupakan bagian dari pembinaan organisasi tetapi juga pembinaan personel.

Maruli Simanjuntak Resmi Menjabat Komandan Paspampres

“Diharapkan dengan pembinaan tersebut, kualitas dan kapasitas personel serta satuan semakin meningkat. Kita harus menyadari bahwa peningkatan tersebut sangat dibutuhkan dalam rangka melaksanakan tugas, terutama menghadapi spektrum ancaman yang semakin kompleks,” katanya.

Menurut Marsekal Hadi, tugas pokok Paspampres merupakan tugas yang sangat menantang, yaitu melaksanakan pengamanan secara fisik langsung, jarak dekat dan setiap saat kepada Presiden RI, Wakil Presiden RI dan mantan Presiden serta Wakil Presiden RI beserta keluarganya.

“Demikian pula harus memberikan perlindungan kepada Tamu Negara setingkat Kepala Negara, atau Kepala Pemerintahan beserta keluarganya, obyek VVIP, serta tugas-tugas protokoler khusus kenegaraan,” ucap Panglima TNI.

Selanjutnya, Panglima TNI mengatakan bahwa tantangan tugas sebagai Pasukan Pengamanan Presiden selain menjamin keamanan VVIP secara profesional, juga harus menunjukkan standar kemampuan, sehingga dapat membangun profil Paspampres yang disegani.

“Kemampuan ini menunjukkan profesionalitas dan keberhasilan dalam setiap pengamanan VVIP, dengan sendirinya mencerminkan kewibawaan negara di mata dunia,” tuturnya.

Sertijab Danpaspampres ini menandai regenerasi kepemimpinan, yang tidak hanya merupakan bagian dari pembinaan organisasi tetapi juga pembinaan personel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News