Marwan Ingin Dana Rp 20 Triliun Lancar Sampai ke Desa

Marwan Ingin Dana Rp 20 Triliun Lancar Sampai ke Desa
Marwan Jafar. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar menginstruksikan jajarannya bergerak cepat membantu daerah-daerah. Sehingga penyaluran dana desa 2015 yang mencapai Rp 20,766 triliun bagi 434 kabupaten/kota, berjalan lancar.

 “Saya intruksikan untuk bergerak cepat. Harus proaktif, terus berkomunikasi dengan Kementerian Keuangan sebagai pihak yang mentrasfer dana ke daerah secara langsung, dan terus memberikan arahan bagi daerah yang belum menerimanya. Karena ini menyangkut kesejahteraan pembangunan desa,” ujar Marwan, Minggu (31/5).

Menurut Marwan, penyaluran dana desa di 2015 merupakan pertama kali terjadi di Indonesia. Sehingga sangat diperlukan koordinasi, sinkronisasi dan harmonisasi perencanaan, pengalokasian, penyaluran, penggunaan, pemantauan dan evaluasi dalam pengelolaan dana desa yang bersumber dari APBN. Dengan begitu permasalahan keterlambatan dapat segera diatasi.

“Agar prioritas penyerapan dana desa bisa dirasakan seluruh desa Indonesia, saya memutuskan untuk membentuk tim pengendali yang bertanggung jawab dalam melaksanakan koordinasi kebijakan dan pengendalian pengelolaan Dana Desa,” ujar Marwan.

Tim tersebut menurut menteri yang berasal dari politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, akan membentuk kelompok kerja (pokja) pendukung. Yakni Kelompok Kerja Pengendalian Penyaluran Dana Desa dan Kelompok Kerja Pengendalian Penggunaan Dana Desa. Salah satu tugasnya, melakukan koordinasi kebijakan dan pengendalian penyaluran dana desa.

“Nantinya tim pengendali ini akan melaporkan secara bertahap terkait penyaluran dana desa kepada Menteri Desa.  Saya juga menyarankan ada tugas lainnya terkait pembangunan, pemberdayaan dan pembangunan kawasan perdesaan,” ujar Marwan. (gir/jpnn)


JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar menginstruksikan jajarannya bergerak cepat membantu daerah-daerah.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News