Marwan Jafar: PKK Sangat Penting Dalam Pembangunan Desa, karena...

Marwan Jafar: PKK Sangat Penting Dalam Pembangunan Desa, karena...
Menteri DPDTT Marwan Jafar. Foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - PASER - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengingatkan pentingnya peranan perempuan dalam perencanaan pembangunan desa. 

"Keterlibatan perempuan dapat mewarnai dalam pengambilan keputusan kebijakan. Dan salah satu organisasi perempuan yang ada di tingkat desa adalah PKK," ujar Marwan dalam sambutannya pada peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke 40 di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Kamis (21/4).

Menurut Marwan, keterlibatan seluruh elemen masyarakat termasuk kelompok perempuan, penting dalam pembangunan desa. PKK harus terlibat aktif dalam kegiatan pembangunan desa, terutama dalam musyawarah perencanaan dan pembangunan desa (musrenbangdes).

Mantan anggota DPR ini kemudian mencontohkan, PKK dapat melakukan kegiatan pembinaan remaja dan lansia. Selain itu, kelompok perempuan juga bisa membuat taman bacaan dan pengembangan pembinaan usia dini, serta pengembangan usaha ekonomi kreatif dan ekonomi lainnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Marwan juga menjelaskan perubahan strategis dalam mekanisme penyaluran dana desa. 

"Peraturan Menteri menyebutkan bahwa penyaluran dana desa akan dilakukan dengan dua tahap. Penyaluran pertama dilakukan pada Maret 60 persen dan Agustus pada 40 persen," ujar Marwan.(gir/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News