Senin, 18 Desember 2017 – 06:11 WIB

Marwan Yakin PTS Bisa Jadi Solusi Peningkatan Daya Saing SDM

Jumat, 08 Desember 2017 – 00:44 WIB
Marwan Yakin PTS Bisa Jadi Solusi Peningkatan Daya Saing SDM - JPNN.COM

jpnn.com, BANJARMASIN - Mantan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Marwan Jafar menyatakan, perguruan tinggi swasta (PTS) memiliki peran penting dalam meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) Indonesia di tingkat ASEAN. Sebab, sebagian besar lulusan perguruan tinggi memang dihasilkan PTS.

Marwan menyatakan hal itu ketika menyampaikan orasi ilmiah di hadapan 600 wisudawan dan wisudawati STIMIK Indonesia Banjarmasin dan ATPN Banjarbaru di Gedung Sultan Suryansyah, Banjarmasin, Kamis (7/12). Marwan dalam orasi ilmiahnya menuturkan, saat ini di Indonesia terdapat 4.504 perguruan tinggi.

Dari jumlah itu, 3.136 di antaranya adalah perguruan tinggi swasta (PTS). Sedangkan 122 sisanya adalah perguruan tinggi negeri (PTN).

“Komposisi kuantitas ini menunjukkan bahwa lulusan PTS, berdasarkan hitungan di atas kertas, lebih banyak dari pada lulusan PTN. Karena itu pemerintah punya peluang meningkatkan peringkat kualitas pendidikan tinggi di level internasional, dengan mengoptimalkan PTS,” ujar Marwan.

Lebih lanjut politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan, PTS harus terus mengembangkan diri menjadi kampus modern. Upaya untuk itu pun perlu disertai peningkatan dalam hal kualitas lulusan PTS.

“Jadi tingginya jumlah PTS di Indonesia merupakan modal bagi pemerintah untuk meningkatkan jumlah publikasi ilmiah internasionalnya,” tutur peraih gelar master hukum dari Universitas Kebangsaan Malaysia itu.

Marwan lantas membeber data tentang jurnal yang dihasilkan perguruan tinggi. Merujuk penelitian SCImagojr yang dikenal sebagai laman pemeringkat jurnal, Singapura berada di posisi ke-32 dengan total 241.361 publikasi.

SHARES
loading...
loading...
Komentar