Mas Nadiem dan Gus Yaqut Menerbitkan Panduan Pembelajaran untuk PAUD hingga Dikdasmen

Mas Nadiem dan Gus Yaqut Menerbitkan Panduan Pembelajaran untuk PAUD hingga Dikdasmen
Mendikbudriistek Nadiem Makarim. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan panduan penyelenggaraan pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUDdikdasmen) di masa pandemi Covid-19.

Panduan ini dihadirkan sebagai upaya menerjemahkan keputusan bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Nadiem mengatakan panduan ini merupakan alat bantu bagi guru dan tenaga kependidikan jenjang PAUDdikdasmen dalam memudahkan persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

"Para pemangku kepentingan di bidang pendidikan membutuhkan panduan operasional sebagai turunan SKB (Surat Keputusan Bersama) Empat Menteri untuk memudahkan dalam mempersiapkan dan melaksanakan PTM terbatas,” kata Menteri Nadiem saat peluncuran panduan secara virtual, Rabu (2/6).

Sosok yang karib disapa Mas Menteri itu berharap dalam melaksanakan PTM terbatas panduan ini bisa disesuaikan dan dikembangkan berdasarkan kondisi sekolah pada daerah masing-masing.

Menag Yaqut Cholil Qoumas juga mendukung adanya panduan penyelenggaraan pembelajaran.

"Saya yakin panduan ini sudah ditunggu-tunggu tidak hanya guru dan siswa tetapi juga para orang tua siswa dan masyarakat pada umumnya,” ujar sosok yang karib disapa Gus Yaqut itu.

Dia mengajak semua pemangku kepentingan segera melaksanakan PTM terbatas dengan mengikuti panduan yang telah diluncurkan.

Nadiem Makarim dan Gus Yaqut meluncurkan panduan penyelenggaraan pembelajaran untuk PAUD dan pendidikan dasar menengah di masa pandemi Covid-19. Panduan ini merupakan alat bantu bagi guru dan tenaga kependidikan dalam memudahkan persiapan pembelajaran tat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News