Masih Ada Busway tanpa Buku Kir

Masih Ada Busway tanpa Buku Kir
Masih Ada Busway tanpa Buku Kir
BUS Transjakarta, yang diduga dioperasikan oleh operator PT Eka Sari Lorena Transport dinilai tak laik jalan. Hal itu terbukti, saat Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menggelar razia terhadap kelaikan angkutan umum yang beroperasi di ibu kota. Dalam razia yang dilangsungkan Kamis (23/2) petugas menjaring sedikitnya dua bus Transjakarta. Pertama, Transjakarta bernopol B 7472 ZX yang buku kir-nya telah mati sejak 12 Agustus 2011. Satu lagi, bus Transjakarta bernopol B 7523 ZX yang buku kir-nya telah mati sejak Agustus 2011 lalu.

 

Kemudian, dua metromini yang dikandangkan terdiri dari Metromini 44 (Pulogadung-Pulogebang) bernopol B 7094 AV dan Metromini 42 (Pulogadung-Pondokkopi) bernopol B 7804 AZ. 

Kasie Pelayanan PKB Dishub DKI Jakarta, Lukman Iskandar mengatakan, pemilik keempat bus yang buku kir-nya telah mati itu langsung ditilang dan busnya dikandangkan ke gudang Cakung, Jakarta Timur. Sebab, jika tetap dibiarkan beroperasi, dikhawatirkan akan membahayakan keselamatan penumpang maupun pengendara lainnya.

"Bus langsung distop operasi hingga proses persidangan selesai. Ini untuk menimbulkan efek jera. Khusus bus Transjakarta yang turut dikandangkan, saya melihat ini kesalahan dari pihak konsorsium atau operator bus Transjakarta yang nakal. Mereka sepertinya sengaja tidak melakukan uji kir," ujar Lukman Iskandar.

Aksi pengandangan bus Transjakarta itu sempat diprotes oleh para pengemudinya. Namun, petugas tidak menghiraukannya dan tetap memberikan tilang dan mengandangkan bus Transjakarta tersebut.

BUS Transjakarta, yang diduga dioperasikan oleh operator PT Eka Sari Lorena Transport dinilai tak laik jalan. Hal itu terbukti, saat Dinas Perhubungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News