Selasa, 24 Oktober 2017 – 03:32 WIB

Masih Kekurangan Guru TK, SD, SMP

Rabu, 04 Oktober 2017 – 00:12 WIB
Masih Kekurangan Guru TK, SD, SMP - JPNN.COM

Siswa SD. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, BONE BOLANGO - Kabupaten Bone Bolango (Bonbol), Sulut, hingga kini masih kekurangan guru sebanyak 621 orang.

Dari informasi yang berhasil dirangkum Gorontalo Post (Jawa Pos Group), dari 130 SD yang ada di Bonbol, masih ada kekurangan 317 guru kelas berstatus PNS.

Sedang kekurangan guru pendidikan agama sekitar 27 orang dan Penjas 34 orang. Untuk guru TK masih kurang sebanyak 243 orang.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bonbol, melalui Kepala Seksi GTK Dikdas Jalaludin menyampaikan, untuk kebutuhan guru SMP rata-rata setiap sekolah masih mengalami kekurangan guru lima mata pelajaran.

"Salah satu solusi yang telah dilakukan yakni setiap tahunnya ada peluang pengangkatan guru honor maupun guru kontrak dan itu dibiayai lewat dana BOS,” jelas Jalaludin.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Ketenagaan, Ismail Huntua mengatakan, untuk jenjang SD, hampir di semua sekolah yang jauh, mengalami kekurangan tiga sampai empat orang guru PNS.

Salah satu cara yang dilakukan mengatasi masalah ini yakni pengangkatan guru honorer. Ismail Huntua mengatakan, kasus kekurangan juga terjadi di jenjang TK.

Di level SMP sendiri, jika dilihat dari guru mata pelajaran, hampir semua sekolah mengalami kekurangan. Mulai dari guru pelajaran Bahasa Indonesia, TIK, Seni Budaya, PPKN dan guru Penjas.

SHARES
loading...
loading...
Komentar