JPNN.com

Masih Marak Penangkapan Kapal di Laut, INSA: Kami Butuh Sea & Coast Guard

Selasa, 12 Mei 2020 – 09:50 WIB
Masih Marak Penangkapan Kapal di Laut, INSA: Kami Butuh Sea & Coast Guard - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - DPP Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) mengeluhkan masih maraknya pemeriksaan dan penangkapan kapal oleh oknum penegakan hukum di laut terhadap kapal nasional.

Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto mengatakan, pemeriksaaan dan penangkapan terhadap kapal swasta nasional masih terjadi di laut Indonesia, bahkan semakin sering terjadi.

INSA mencatat, selama sebulan ini sudah terjadi lima kali pemeriksaan dan penangkapan kapal nasional.

Pemeriksaan dan penangkapan kapal di tengah laut kerap dilakukan tanpa melalui prosedur yang sesuai dengan alasan yang terkesan mengada-ada.

“Ini kerugian sangat besar yang dialami para pelaku usaha pelayaran nasional karena meliputi kerugian materi, bahan bakar dan waktu,” ujarnya, Senin (11/5).

Carmelita menuturkan, kapal-kapal yang diperiksa dan ditangkap ini, merupakan pengangkut logistik dan bahan pokok ke daerah-daerah.

Untuk itu, dia meminta, seharusnya operasional kapal-kapal ini berjalan lancar, sehingga tidak terjadi keterlambatan waktu pengiriman yang bisa mengakibatkan kelangkaan pasokan bahan pokok di daerah-daerah. 

Terlebih di masa Covid-19 ini, seharusnya seluruh pihak bahu membahu memastikan kelancaran pasokan bahan pokok.   

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy