Masih Uji Coba, Pelanggar e-Tilang Belum Ditindak

Masih Uji Coba, Pelanggar e-Tilang Belum Ditindak
Ilustrasi tilang. Foto: Hadi Aris Iskandar/Kaltara Pos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya masih mematangkan persiapan untuk uji coba penindakan tilang elektronik atau e-Tilang terhadap pelanggar lalu lintas.

Rencananya uji coba akan dilakukan di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin, Jakarta, Oktober mendatang.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, saat ini pemasangan CCTV telah dilakukan di sejumlah titik.

"Dua alat kamera sudah dipasang, kemudian lagi dikoneksikan dengan back office (Traffic Management Center Polda Metro Jaya). Mudah-mudahan lusa sudah selesai,” kata, Yusuf, Selasa (25/9).

Menurut dia, setelah pemasangan kamera dan koneksi IT rampung, Ditlantas Polda Metro Jaya bakal menggelar uji coba awal Oktober mendatang.

"Uji coba itu nanti kami mau lihat mana yang melanggar, terus bagaimana cara pendistribusiannya, informasi ke pelanggarnya seperti apa. Selama uji coba enggak ada penindakan (tilang). Namanya juga uji coba," ungkapnya.

Sejauh ini, kata Yusuf, mereka baru memasang dua CCTV di Simpang Bundaran Patung Kuda dan Simpang Sarinah. Setiap titik, dekat dengan pos anggota sehingga ada yang memantau dan menjaga kamera buatan Tiongkok itu.

"Nanti di situ ada pos jaganya. Bukan Pospol, yang dekat-dekat dengan polisi. Kan perlu dijaga juga, kameranya mahal. Tetap ada (anggota yang jaga), namanya juga uji coba," katanya. (cuy/jpnn)


Sejauh ini polisi baru memasang dua CCTV di Simpang Bundaran Patung Kuda dan Simpang Sarinah.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News