Uji Coba e-Tilang, Polisi Tempatkan Dua Kamera Setiap Titik

Uji Coba e-Tilang, Polisi Tempatkan Dua Kamera Setiap Titik
CCTV. Foto/ilustrasi: Daily Telegraph

jpnn.com, JAKARTA - Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tengah mematangkan persiapan uji coba penetapan sistem tilang elektronik (e-Tilang) di kawasan Jakarta.

Dalam tahap uji coba, petugas bakal memasang kamera CCTV di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin, Jakarta.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, sampai saat ini sudah ada dua titik simpang jalan yang dipasang kamera pengawas.

Rencananya ada empat titik simpang jalan yang akan dipasang dalam rangka uji coba, di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin.

"Baru dua titik yang dipasang. Nanti rencananya ada empat (titik). Kami standarnya dua kamera di masing-masing titik," kata Yusuf kepada wartawan, Sabtu (22/9).

Dia menyebutkan, kamera pengawas dengan definisi tinggi asal Tiongkok yang dipasang di setiap simpang jalan dapat merekam pelat nomor, termasuk wajah pengemudinya.

"Nanti CCTV ini bisa melihat pelat nomor hingga pengemudi selama 24 jam,” kata dia.

Yusuf pun memastikan, CCTV asal Tiongkok yang mereka pilih lebih canggih ketimbang yang lainnya. “Dia bisa men-capture sendiri pelanggar. Jaraknya maksimal 20 meter," katanya. (cuy/jpnn)


Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tengah mematangkan persiapan uji coba penetapan sistem tilang elektronik (e-Tilang) di kawasan Jakarta.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News