Masinis KA Probowangi Sempat Berhenti Seusai Tabrak Minibus, 11 Orang Tewas

Masinis KA Probowangi Sempat Berhenti Seusai Tabrak Minibus, 11 Orang Tewas
Minibus yang tertabrak KA Probowangi di pintu perlintasan tidak terjaga di Desa Ranupakis, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Minggu (19/11/2023) malam. ANTARA/HO-KAI

jpnn.com, LUMAJANG - Korban tewas yang merupakan penumpang minibus akibat tertabrak KA Probowangi rute Ketapang Banyuwangi-Surabaya di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dibawa ke Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) dr. Haryoto Lumajang.

Korban tewas tercatat sebanyak sebelas orang.

"Seluruh korban sudah dievakuasi ke RSUD dr. Haryoto Lumajang. Namun, kami masih belum mendapatkan identitasnya," kata Pelaksana harian Manajer Hukum dan Humas PT KAI Daerah Operasi 9 Jember Anwar Yuli Prastyo saat dihubungi, Senin dini hari.

Sebuah mini bus bernomor polisi N 7646 T tertabrak KA Probowangi di perlintasan kereta api tidak terjaga di Desa Ranupakis, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, pada Minggu (19/11) malam pukul 19.53 WIB yang mengakibatkan sebelas orang penumpang minibus meninggal dunia.

"KA Probowangi sempat berhenti saat insiden tersebut karena masinis mengecek lokomotif dan rangkaian, setelah dinyatakan aman untuk perjalanan maka kereta tersebut melanjutkan perjalanannya pada pukul 20.06 WIB," tuturnya.

Menurutnya, petugas kembali melakukan pengecekan ulang KA Probowangi di Stasiun Probolinggo untuk memastikan rangkaian kereta untuk keselamatan penumpang dalam melanjutkan perjalanan menuju Surabaya.

"KA Probowangi terlambat tiba di stasiun Probolinggo dan stasiun lainnya sekitar 13 menit akibat insiden kecelakaan tersebut. Namun, kondisi rel di lokasi kecelakaan tetap bisa dilalui oleh kereta api," katanya.

Dia mengimbau masyarakat berhati-hati saat akan melintasi perlintasan sebidang terutama perlintasan tidak terjaga atau tanpa palang pintu dan disiplin mematuhi rambu-rambu yang terdapat di perlintasan sebidang.

Sebanyak sebelas orang tewas yang merupakan penumpang minibus akibat tertabrak KA Probowangi rute Ketapang Banyuwangi-Surabaya di Kabupaten Lumajang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News